top of page

Artists Collaboration - Special Edition Arifwhy

Arif Wahyudi merupakan seorang ilustrator, digital creator, dan desainer grafis asal Bandung, Jawa Barat. Arif dikenal dengan desain Nike Air Jordan x Indomie yang viral. Berkait kepopuleran desain tersebut, Arif mendapatkan lebih banyak pengikut di akun Instagram-nya yang juga mengapresiasi karya-karya memukaunya. Klien-klien pun mulai banyak yang menghubunginya untuk berkolaborasi dalam proyek mereka.


Bakat menggambar Arif memang sudah terlihat sejak kecil. Ia sering menggambar kartun animasi sejak dulu dan hobi itu diteruskan meskipun Arif merupakan seorang lulusan teknologi informasi. Ciri khas karya-karyanya terletak pada ilustrasinya yang colorful. Dengan warna yang tajam, desainnya dibuat untuk menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. 


Untuk Draw for a coffee series, Arif bergandengan tangan dengan Jabarano Coffee untuk mengangkat nilai-nilai kreativitas Jawa Barat sebagai bagian dari misi Jabarano Coffee. Arif membuat total lima ilustrasi dengan tema yang berbeda-beda.


1. Creativity of West Java

Creativity of West Java (foto oleh akun Instagram @hangout.oi)


Sebagai tagline dari Jabarano Coffee, "Kreativitas" menjadi jiwa utama dari Jabarano Coffee. Di manapun Jabarano Coffee berada, misi untuk selalu menjadi hub/konektor kreativitas menjadi prioritas baik melalui berbagai pengembangan produk, desain tempat maupun kolaborasi dengan berbagai komunitas.


Kreativitas sebagai hasil dari pemikiran manusia menjadi hal yang sangat perlu dan menarik untuk diapresiasi. Layaknya bola salju, kreativitas dan karya seseorang dapat memicu dan menghasilkan kreativitas dan karya lainnya. Keberadaan dan pengembangan budaya dan peradaban manusia tidak lepas dari terus bergulirnya semangat untuk terus saling menyebarkan semangat kreativitas. 


2. Indonesia Coffee Culture



Ilustrasi ini menceritakan sejarah kopi Indonesia yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda hingga sekarang. Tahun 1707, terjadi kesepakatan permintaan bantuan Koffie-Stelsel antara VOC dengan para Bupati Priangan untuk melakukan penanaman kopi di wilayahnya. Di tahun 1711, Jawa Barat berhasil mengekspor kopi ke benua Eropa.


Kopi dari perkebunan Priangan ditanam di Kabupaten Cianjur. Pada tahun 1726, kopi Priangan mendominasi pasar kopi dunia dan menggeser kopi mocha dari Yaman. Saat itu, tiga per empat kopi Eropa berasal dari Jawa Barat. 


Budaya kopi tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat modern saat ini. Kedai-kedai kopi berkembang dengan signifikan, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di daerah-daerah kecil. 


Budaya kopi di Indonesia erat kaitannya dengani karya dan kolaborasi, mengingat banyak sekali hal yang dapat dilakukan "sambil minum kopi": ngobrol, silaturahmi, ngomongin ide, belajar, diskusi, meeting dan lainnya.


Di tengah masyarakat modern saat ini, ngopi sudah menjadi budaya yang menyatukan banyak orang dan banyak generasi. Beragam cara untuk menikmati kopi yang menarik untuk dieksplorasi dan dibagi. Hadirnya Jabarano Coffee sebagai tempat untuk merayakan "Indonesia Coffee Culture", bukan hanya sekadar sebagai tempat untuk menikmati kopi saja, tetapi juga mengenal cerita kopi dan sejarah kopi Indonesia dan tentu saja merayakan berbagai hasil karya dan kolaborasi yang tercipta dari sebuah waktu "ngopi bareng”.


3. Farmers and Story of Dedication


Farmers and Story of Dedication (foto oleh akun Instagram @dingopiin)


Sesuai dengan komitmen Jabarano Coffee dalam mendapatkan sumber daya, terutama bahan baku, Jabarano Coffee selalu memprioritaskan local sourcing untuk dapat meningkatkan nilai ekonomi lokal. Dalam hal ini, Jabarano Coffee bekerja sama dengan para petani kopi lokal yang sudah menjadi mitra Jabarano Coffee.


Jabarano Coffee sangat mengapresiasi ilmu, keahlian dan dedikasi dari para petani kopi, khususnya petani kopi Jawa Barat. Karya dan dedikasi para petani kopi Jawa Barat dapat dinikmati dan dirasakan melalui secangkir Jabarano Coffee.


Di dalam setiap cangkir kopi, terdapat cerita dan dedikasi yang tak ternilai dari para penghasil kopi, petani, roasters, barista dan brewers. Yuk, apresiasi dedikasi tersebut dengan mengajak lebih banyak orang lagi untuk menikmati kekayaan industri kopi lokal!


4. World of Inclusivity

Karya ini menyampaikan pesan universal untuk berfokus pada passion, kelebihan diri, dan memanfaatkan perbedaan!


Berbeda bukan berarti aneh! Berbeda itu unik! Be powerful in the world of inclusivity! ✨️✨️


Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, perbedaan menjadi sebuah peluang kolaborasi yang sama sekali baru. Jabarano Coffee hadir membawa semangat inklusif dan menjadi kolaborator untuk menciptakan nilai lebih yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. 


5. I Love You Earth!

World of Inclusivity & I Love You Earth (foto oleh akun Instagram @dingopiin)


Apa yang sudah kita berikan kepada bumi yang sudah memberikan ruang untuk kita tinggal? Jabarano Coffee berusaha untuk terus berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan ekosistem ekonomi.


Jabarano Coffee Braga menggunakan energi yang berasal dari panas matahari, dengan sistem solar panel yang dihubungkan untuk penciptaan energi operasional sehari-hari. Di area belakang Jabarano Coffee Braga, terdapat Electric Vehicle Charging Station untuk mendukung peningkatan penggunaan mobil listrik di tengah masyarakat.


Dukungan sustainability juga terus diupayakan dalam bentuk kerja sama dengan local sourcing, local human resources, petani lokal, dan berbagai program giving back untuk terus menciptakan economic & environment sustainability.


Ilustrasi-ilustrasi karya Arif tersebut dapat dilihat di Jabarano Coffe Braga dan menariknya, kini ilustrasi tersebut hadir dalam bentuk merchandise berupa t-shirt spesial di Jabarano Coffee Laswi!

15 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page